November 3, 2015

Blue Bird: Bisnis Ojek Online Ilegal


Ojek online semakin diminati masyarakat. Ini terbukti dari kehadiran operator ojek online selain Go-Jek dan Grab Bike.

Tumbuhnya bisnis ojek online tidak terlepas dari minat masyarakat yang cukup tinggi memakai jasa transportasi publik dua roda ini.

Apakah operator transportasi publik lainnya, misalnya taksi, berminat terjun ke bisnis ojek online? Menurut Sigit Priawan Djokosoetono, Direktur Blue Bird Group, bisnis ojek online bukan merupakan transportasi umum yang legal.

Artinya, tidak ada peraturan perundang-undangan yang secara tegas mengatur ojek online sebagai angkutan transportasi publik. Bukan itu saja, menurut Sigit, sampai sekarang pemerintah juga menganggap ojek sebagai transportasi informal.

"Kita tidak bisa berjalan tanpa adanya izin, jadi tidak mungkin kita masuk bisnis yang tidak ada legalitasnya," ujar Sigit saat ditanya apakah Blue Bird masuk ke bisnis ojek online kepada detikFinance, Selasa (3/11/2015).

Legalitas yang dimaksud adalah untuk menjadi angkutan transportasi publik harus menjalani persyaratan yang ditetapkan pemerintah. Misalnya, harus memakai plat kuning dan menjalani pemeriksaan bagian-bagian kendaraan bermotor atau yang biasa disebut uji kir.

"Angkutan transportasi umum kan harus pakai plat kuning, menjalani uji kir. Ojek online kan nggak, jadi tidak masuk domain yang legal," ujar Sigit.

Sumber : finance.detik.com

Blue Bird: Bisnis Ojek Online Ilegal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tukang Ojek

 

Top