November 16, 2015

Inilah Alasan Utama Driver GoJek Lancarkan Aksi Demo di Kantor Kemang !


Banyak pengemudi GoJek yang melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor GoJek yang berada di Kemang, Jaksel.

Kasi unjuk rasa yang dilakukan oleh para pengemudi GoJek tersebut merupakan aksi menuntu untuk pengembalian tarif perkilometer GoJek yang sempat diturunkan oleh pihak management.

Selain itu juga menuntut pengembalian soal pemotongan honor mereka yang mengakibatkan penghasilannya menurun.

Unjuk rasa dilakukan menyusul langkah Management GoJek yang disebutnya telah melakukan pemotongan honor sebesar Rp 40.000 terhadap semua pengemudi GoJek.

Unjuk rasa tersebut dilakukan pada pukul 10.00 WIB di depan Kantor GoJek Kemang di Jl Kemang Raya, Senin (16/11). Para pengemudi berorasi dan membawa sejumlah poster dengan bertuliskan tuntutannya.

“Perusahaan GoJek melanggar UU Ketenagakerjaan, kami dianggap mitra tapi seperti pekerja. Menurunkan tarif per kilometer dari Rp 4 ribu jadi Rp 3 ribu tanpa ada negosiasi. Pemotongan uang dilakukan seenaknya,” jelas koordinator aksi di depan kantor GoJek.

Unjuk rasa tersebut membuat arus lalu lintas sempat tersendat, namun polisi yang berjaga segera mengatur lalu lintas yang sempat terganggu.

Sejumlah hal mereka tuntut, antara lain mengenai potongan iuran yang dilakukan tanpa berkoordinasi. Padahal disebutkan kalau driver dan GoJek adalah mitra.

Seorang pengemudi GoJek mengungkapkan jika ia mengalami penurunan yang drastis selama 3 bulan belakangan.

“Saya sudah 3 bulan jadi driver, awalnya enak tapi kemudian ada penurunan pendapatan drastis,” jelas seorang driver GoJek Depok yang tak mau disebutkan namanya.

Selain itu juga ada sejumlah persoalan yang dituntut oleh beberapa pegemudi GoJek, salah satunya ialah aplikasi GoJek yang sering kali error dan juga begitu sepinya pesanan. Meskipun begitu pemeotongan tetap diberlakukan dan ada penurunan tarif per kilometernya.

Aksi unjuk rasa yang hanya dilakukan oleh belasan pengemudi GoJek tersebut dikawal oleh puluhan polisi yang berjaga.

Sementara itu, sekitar pukul 10.20 WIB, manajemen meminta perwakilan pengunjuk rasa masuk dan berdialog di dalam kantor. Kemungkinan pada pertemuan tertutup tersebut akan dilakukan musyawarah untuk mendapatkan jalan keluarnya.

Inilah Alasan Utama Driver GoJek Lancarkan Aksi Demo di Kantor Kemang ! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tukang Ojek

 

Top