November 18, 2015

Larangan Gojek Beroperasi dan Memasuki Kawasan Unsri


Mulai beroperasinya Gojek di Palembang mulai mendapat tanggapan dari sejumlah masyarakat, tak terkecuali dari para tukang ojek yang berada di pangkalan ojek depan Universitas Sriwijaya Bukit Palembang.

"Yah, silakan saja beroperasi di Palembang, namun kami tekankan bagi Gojek untuk tidak masuk ke area Unsri. Kami sudah puluhan tahun mengandalkan mencari rezeki di area ini, terutama pelanggan kami adalah mahasiswa, kalau pun ada mahasiswa yang mau pakai jasa Gojek sebaiknya para Gojek untuk tidak menaikan ataupun menurunkan penumpang di sekitar pangkalan ojek Unsri," jelas Endang, Ketua Patembayan Ojek Unsri, Selasa (17/11/2015)

Endang pun menambahkan, hadirnya Gojek di Palembang ditanggapi sebagai usaha yang sia-sia. Mengingat Kota Palembang angka kepemilikan kendaraan roda dua cukup tinggi. "Tak hanya itu, disetiap sudut daerah di Palembang ini juga ada pangkalan ojek yang sudah ada dari puluhan tahun, sehingga saya pun pertanyakan alasan pihak manajemen gojek untuk membuka usaha ini, seharusnya mereka buka usaha lain saja kalau mereka memang mau cari keuntungan," jelasnya.

Lebih lanjut ia pun mengatakan, para Gojek pun diharap mematuhi aturan tak tertulis yang sudah diterapkan disetiap pangkalan ojek.

"Kami para tukang ojek ini sudah paham tata cara kalau mau ambil penumpang, kalau bukan di daerah pangkalan si pengojek maka kami tak akan ambil penumpang disana, dan seharusnya para Gojek pun juga melakukan hal yang sama, sama-sama ngerti aja. Jangan saling serobot penumpang," katanya.

Baru-baru ini pun, dikatakan Endang Gojek pernah melanggar aturan tersebut, sehingga kami pun harus menindak tegas mereka yang melanggar.

"Yah kami kasih tahu kalau tak boleh narik penumpang di area Unsri, tujuannya adalah untuk menghindari bentrok yang bisa saja terjadi antara ojek tradisional dengan gojek," ungkapnya.

Selain itu, di pangkalan ojek Unsri Bukit tersebut memiliki sekitar 30 tukang ojek yang sudah puluhan tahun berkerja mencari nafkah dengan cara mengojek, namun sejak Gojek beroperasi diwilayah Unsri Bukit, para pengojek di pangkalan tersebut mengaku mengalami penurunan pendapatan.

"Teman-teman ojek yang lain pun sudah mulai ngeluh pendapatan mereka mulai berkurang sejak ada Gojek," tuturnya.

Usman, salah seorang Gojek juga membenarkan hal tersebut tekait aturan yang disampaikan pihak pangkalan ojek Unsri.

"Iya saya sudah dengar kalau ada larangan itu, sehingga saat saya dapat order dari pelanggan mahasiswa Unsri, saya minta mereka untuk jalan sedikit keluar dari area Unsri, seperti tadi saya jemput penumpangnya dari dekat Klenteng Bukit," ungkapnya.

Sumber: tribunnews.com

Larangan Gojek Beroperasi dan Memasuki Kawasan Unsri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tukang Ojek

 

Top