November 5, 2015

Mengintip Geliat “Akod” Saingan Baru GoJek Buatan Pemkot Bandung Yang Di Promotori Oleh Ridwan Kamil !


Pemkot Bandung sedang menyiapkan aplikasi mirip Go-Jek yang dikhususkan untuk para tukang ojek pangkalan. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Ojek Daerah (Akod).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, aplikasi tersebut akan dibagikan kepada tiap koordinator pangkalan ojek yang ada di Kota Bandung.

“Sistemnya itu nanti dipakai hanya untuk koordinator ojeknya jadi mereka menerima pesanan online nanti koordinator yang menugaskan siapa sesuai antrean karena tata cara ojek pangkalan kan beda,” kata Ridwan.

“Saya sedang mencoba melatih agar ojek pangkalan terima panggilan online. Software-nya lagi dibikin oleh para mahasiswa Indonesia . Dalam waktu satu atau dua bulan, udah beres,” kata Ridwan.

Ridwan melanjutkan, aplikasi yang dirancang tim Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut tidak berbeda jauh dengan aplikasi Go-Jek yang saat ini lagi naik daun.

“Intinya, mereka (ojek pangkalan) harus terbuka. Zaman sudah berubah. Mengedukasi mereka bahwa rezeki ojek itu jangan hanya menunggu di pangkalan saja, tapi mempromosikan diri denagn cara ngantar barang juga. Jalurnya bebas tetapi harus berada di dalam Kota Bandung. Nanti seluruh Bandung suatu hari jalur ojeknya bebas,” ucapnya.

Tak hanya jasa transportasi saja, Akod nantinya juga menerima jasa kurir alias pengantaran barang atau dokumen di seluruh Kota Bandung.

“Jadi sistemnya berbasis kelompok nah si operatornya itu yang menerima orderan baik order barang, menjemput atau mengantar barang antreannya disesuaikan dengan tata cara disetiap pangkalan ojek. Yang akan kita regulasi adalah rupiah per kilometernya, harganya masih dalam perencanaan,” papar Ridwan.

Aplikasi tersebut bakal diluncurkan pada pertengahan bulan Desember 2015 mendatang dan akan disebar ke 100 pangkalan ojek yang tersebar di seluruh Kota Bandung.

“Pertengahan Desember purwarupanya akan dites dulu di empat lokasi yang tersebar di daerah Kota Bandung itu sediri. Selanjutnya Insya Allah hajat hidup ojek pangkalan meningkat karena tak menunggu orang datang tapi juga menerima pesanan dan tidak hanya penumpang saja,” katanya.

Sumber : smeaker.com

Mengintip Geliat “Akod” Saingan Baru GoJek Buatan Pemkot Bandung Yang Di Promotori Oleh Ridwan Kamil ! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tukang Ojek

 

Top