November 3, 2015

Tak Ada Tanda-tanda Demo Pengemudi di Kantor Go-Jek


Salah satu kantor ojek berbasis aplikasi, Go-Jek, yang berada di Jalan Kemang Timur 15, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2015), terlihat normal.

Belum ada tanda-tanda para pengemudi Go-Jek yang rencananya akan melakukan aksi di kantor tersebut.

Pantauan Kompas.com pukul 09.00, suasana halaman depan kantor Go-Jek tampak ramai dengan pengemudi Go-Jek.

Para pengemudi ini disebut sedang mengurus berbagai administrasi surat kendaraan dan gangguan pada handphone. Jalan Kemang Timur juga tampak normal dan lancar.

Salah satu petugas sekuriti kantor Go-Jek, Eko, mengatakan, kondisi ini hal biasa yang rutin terjadi di kantornya.

"Ini biasa setiap hari. Ada yang ngurus kelengkapan driver, data aplikasi foto, dan gangguan handphone," kata Eko, di depan kantor Go-Jek.

Saat ditanya perihal adanya isu demo, ia mengaku tak mengetahuinya. "Enggak ada, memang dari mana isuny?" tanya Eko.

Meski demikian, terlihat tiga anggota Brimob Polri yang berjaga di depan pintu masuk. Salah satu personel Brimob mengaku datang untuk berjaga saja.

"Ini biasa (jaga)," ujarnya singkat.

Sebelumnya, beredar pesan berantai dari "Go-Jek Info" bahwa manajemen Go-Jek mendengar info rencana mogok massal para driver-nya.

Manajemen Go-Jek menyayangkan hal itu dan menyatakan akan memutus kerja pengemudi yang melakukan hal tersebut. Namun, di Palmerah, kemarin aksi sweeping telah dilakukan.

Sekelompok pengemudi Go-Jek yang berkumpul di sekitar Pasar Palmerah, Jakarta, Senin (2/11/2015) memaksa pengemudi Go-Jek lainnya menurunkan penumpang di tengah jalan.

Aksi sweeping ini dilakukan sekelompok pengemudi Go-Jek dalam rangka unjuk rasa terkait kebijakan manajemen yang menurunkan tarif Go-Jek.

"Ada penurunan tarif dari Rp 4.000 per kilometer menjadi Rp 3.000 per kilometer. Mulai hari ini penurunannya. Jadi, kan kami dapatnya sedikit tuh. Itu pada protes semua," ujar pengemudi Go-Jek bernama Ope.

Menurut dia, aksi ini dilakukan di sejumlah titik di Jakarta, Tangerang, hingga Depok.

"Sebagian ada yang di FX, Pejompongan, Kuningan, Tangerang Selatan, Tangerang Kota, dan Depok," ujar Ope. .

Tak Ada Tanda-tanda Demo Pengemudi di Kantor Go-Jek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tukang Ojek

 

Top